Selasa, 27 Januari 2009

RUKUK & SUJUD dengan penuh KESADARAN

Dari banyak gerakan- gerakan shalat, gerakan Sujud dan Rukuk adalah yang paling PENTING.
Dalam beberapa ayat dalam Al Qur'an, rukuk dan sujud kadang digunakan sebagai pengganti kata shalat, misalnya saja surat AL Hajj : 26.

Dan ( ingatlah ) , kertika Kami memberikan tempat kepada Ibrahim di tempat Baitullah ( dengan mengatakan ) : " Janganlah kamu memperserikatkan sesuatupun dengan Aku ( Allah ) dan sucikanlah rumahKu ini bagi orang-orang yang thawaf, dan orang-orangberibadat dan orang-orang yang ruku' dan sujud ". ( AL HAJJ :26 ).

Rukuk dan sujud sedemikian penting, sehingga Nabi memerintahkan untuk menyempurnakannya.

Hadis riwayat Anas bin Malik ra : " Dari Nabi saw..., Beliau bersabda : Sempurnakanlah ruku' dan sujud, demi Allah, sesungguhnya aku dapat melihat engka dibelakangku ( kemungkinan bersabda : yang dibelakang punggungku ) saat engkau ruku' atau sujud. (Shahih Muslim No.644)

Bahkan dalam ketidaksempurnaan dalam melakukan ruku' dan sujud dinilai Nabi seperti orang yang mencuri di dalam shalat, sebagaimana hadis berikut ini.

Dari Qatadah RA, dia berkata,
Rasulullah saw pernah bersabda, "Paling jelek manusia dalam mencuri adalah orang yang mencuri sebagian shalatnya". Ada seorang sahabat bertanya: "Wahai Rasulullah, bagaimanakah dia mencuri shalatnya ?". Rasulullah saw menjawab: " Dia tidak menyempurnakan rukuk shalat itu dan tidak pula menyempurnakan sujudnya".

Rukuk dan sujud sangat penting untuk membantu kita meraih kekhusyu'an, membantu jiwa mencapai ketundukan dan kerendahan juga membantu kita untuk merendahkan diri duhadapan Allah.
Sayangnya, justru gerakan rukuk dan sujud ini yang paling banyak kurang mendapatkan perhatian , untuk melatih gerakan-gerakan rukuk dan sujud yg benar ( baca pedoman shalat ).

Sempurnakan Sujud dan Rukuk
Gerakan rukuk dan sujud tidak akan sempurna jika hati kita tidak melakukan hal yang sama.
Hati yang tunduk akan mengantarkan seluruh bagian tubuh kita tunduk pula. Hati sedemikian berpengaruhnya bagi tubuh kita, sehingga Nabi mengatakan bahwa jika hati baik maka seluruh tubuh kita akan ikut baik. "Ingatlah bahwa dalam jasad ada sekerat daging, jika ia baik, maka baiklah jasad seluruhnya, jika ia rusak, maka rusaklah jasad seluruhnya. Ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah HATI. " (hr. Imam Bukhari dan Muslim ).
Semoga setelah membaca tulisan ini kita diberi kekutan dan kemauan untuk selalu mengevaluasi dan belajar .. belajar ... terus untuk menyempurnakan shalat kita, yang mana amal kita yang pertama dihisab adalah " SHALAT " Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar